Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Social Media Listening Tools pada Digital Marketing

Terdapat beberapa istilah dalam digital marketing yang perlu diketahui, salah satunya adalah social media listening tools. Tools ini bisa membantu memudahkan konsumen atau calon konsumen terkait pandangan brand lebih mendalam. Mari mengenal pengertiannya terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud Media Sosial Listening Tools?

Pentingnya Social Media Listening Tools pada Digital Marketing

Sederhana saja, social media listening tools merupakan alat untuk melacak media sosial dalam hal penyebutan serta percakapan tentang brand atau produk. Untuk kegiatan pemasaran atau digital marketing, tentunya ini sangat berguna. Alat atau tools dari social media listening dibutuhkan untuk hasil lebih optimal.

Tools ini juga sering digunakan berbagai perusahaan. Sekarang mulai banyak muncul top social media listening tools untuk bisnis. Seperti tools dari Matamaya yang memiliki real-time tracking, insight otentik, dan keunggulan lain sehingga anda bisa mengetahui perasaan publik mengenai suatu brand.

Manfaat Penting

Ada beberapa manfaat penting yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan metode listening melalui media sosial ini. Berikut adalah manfaatnya, mulai dari melacak tren hingga pengembangan produk.

  • Pelacakan tren
  • Identifikasi influencer
  • Menjaga keunggulan kompetitif
  • Meningkatkan hubungan dengan customer
  • Mengukur impact campaign
  • Pengembangan produk

Melihat berbagai manfaat positif yang diberikan oleh metode pemasaran dengan listening tools media sosial tentunya juga memberi pemahaman tentang keefektifitasan metode ini. Jadi, bagi perusahaan, penggunaan tools seperti ini sudah sebaiknya diterapkan.