Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Objek Wisata Anugerah Indah Sippan, Berikut Harga Tiket Masuknya

Mardalani.Com Wisata Anugerah Indah Sippan merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pesona perbukitan di kawasan Saribu Dolok. Berada di kawasan Bukit Barisan di ketinggian 1.410 meter, objek wisata ini dikelilingi danau dan berbagai tanaman tropis.

Meski baru dibuka, Wisata Anugerah Indah Sippan menjadi destinasi liburan paling populer di akhir pekan. Ini karena banyak pesona unik yang bisa ditemukan, seperti pemandangan orkestra alam sekitar yang menakjubkan, taman di atas bukit dan udara segar yang sejuk.

Tidak seperti tempat wisata lereng bukit lainnya yang mungkin mengalami pasang surut, wisatawan yang berkunjung ke Wisata Anugerah Indah Sippan selama ini semakin terus meningkat. Apalagi setelah pengelola menambahkan banyak pemandangan menarik dan pengelolaannya yang maksimal.

Objek Wisata Anugerah Indah Sippan

Pada awalnya, bukit tersebut hanya sebuah dataran tinggi biasa, dan baru mulai menarik perhatian wisatawan mulai pertengahan tahun 2021. Sebetulnya tempat wisata ini sudah dibuka sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, banyak turis yang sempat mengurungkan niat untuk mengunjunginya karena lalu lintas yang buruk pada saat itu.

Keindahan Wisata Anugerah Indah Sippan menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini. Karena bukit ini dikelilingi oleh lereng dan Danau Toba yang mengelilingi daratan. Dulu pengunjung sering menahan diri untuk mengunjunginya, kini wisatawan justru berlomba-lomba ke sana untuk langsung melihat pesonanya.

Setelah melalui medan yang cukup sulit, banyak aktivitas menarik menanti para pengunjung setibanya di sana. Tak hanya menghirup udara segar yang berhembus terus menerus, namun juga rangkaian kegiatan yang identik dengan wisata alam.

1. Menikmati Areal Perbukitan

Foto : Frendy Dermawan

Kegiatan pertama yang selalu masuk dalam program kunjungan wisata adalah bersantai dan mengagumi indahnya pemandangan pegunungan. Karena dari atas bukit di Saribu Dolok kamu bisa melihat hampir 1/4 panorama Danau Toba.

Wisatawan juga bisa melakukan sedikit trekking jika ingin berkeliling perbukitan. Meski jalannya sedikit menanjak, jalannya cukup nyaman. Nah, jika Anda mulai lelah, sudah tersedia bangku untuk beristirahat.

Berkat pemandangannya yang memadukan berbagai estetika alam, pesonanya mampu membuat wisatawan melupakan hiruk pikuk kota. Tubuh dan otak tampaknya terus-menerus disuplai dengan oksigen alami yang begitu segar.

2. Camping Ground Ceria

Foto : Yayat Yayat

Wisata Anugerah Indah Sippan menyediakan bumi perkemahan di lereng bukit yang datar. Perkemahan sengaja dibangun di bawah rindangnya pepohonan di sebelah utara agar tenda terlindung dari angin kencang siang dan malam.

Selama ini perkemahan merupakan kegiatan favorit pengunjung. Jumlah wisatawan yang berkemah di akhir pekan bisa sampai puluhan orang. Karena selain bisa menginap di tenda, kamu juga bisa melihat sunrise dan sunset dari area tersebut.

Bermalam di pegunungan tentu saja sangat dingin. Agar tidak kedinginan, alangkah baiknya jika Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama teman-teman. Misalnya, pesta barbekyu sambil menyalakan api. Anda juga bisa membuat game kecil.

3. Spot Selfie Sepuasnya

Foto : Fennynovirawaty

Pengunjung sering menggunakan puncak bukit ini sebagai tempat untuk berfoto. Karena dari sana, pengunjung yang suka memotret pemandangan bisa memotret dari berbagai sudut yang menarik. Dari pemandangan danau, perbukitan hingga rerumputan hijau menyerupai savana.

Sangat indah sehingga wisatawan tidak perlu kamera mahal untuk mengambil foto yang bagus. Bahkan dengan kamera biasa atau kamera ponsel, hasil foto akan terlihat memukau. Tanpa perlu mengeditnya, ada baiknya Anda mempostingnya di media sosial.

Latar belakang foto selanjutnya adalah deretan pepohonan yang dikelilingi berbagai bunga. Tanaman hias ini semakin mempercantik area tersebut, menjadikannya sebagai latar belakang yang ideal untuk selfie. Bahkan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat prewedding.

4. Kulineran di Puncak WAIS

Foto : Irfan Fauzi

Saat berkunjung ke objek wisata ini, wisatawan juga bisa berwisata kuliner di Saribu Dolok. Rasa setiap hidangannya cukup menggoda.

Makan di Puncak WAIS memang terasa berbeda. Bayangkan menyeruput secangkir kopi panas atau teh manis di udara terbuka. Anda juga bisa memesan jajanan lezat lainnya dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda.

Misalnya, jika Anda ingin berhemat karena sedang berlibur bersama keluarga, Anda bisa membawa makan siang dari rumah. Karena tidak ada larangan untuk membawa bekal makan dan minum dari luar kawasan WAIS. Jadi biaya liburan Anda bisa lebih hemat.

Lokasi & Rute Menuju Wisata Anugerah Indah Sippan

Seperti destinasi alam lainnya di Seribu Dolok, gunung ini tentunya juga memanjang hingga dataran tinggi yang biasanya beriklim sejuk dan tropis. Namun, tempat ini masih mudah dijangkau karena terletak di persimpangan jalan raya.

Wisata Anugerah Indah Sippan terletak di sebelah timur Saribu Dolok di perbatasan Danau Toba. Hal ini secara langsung membuat cuaca di sini cukup stabil. Meskipun suhu sekitar 19-24.

Dari segi administrasi, destinasi wisata pegunungan bernama Wisata Anugerah Indah Sippan ini terletak di Desa Sippan Tigaraja, Kec. Pamatang Silimahuta, Naga Saribu, Pematang Silimahut, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk di WAIS

Wisatawan dapat menikmati pesona wisata yang disuguhkan Desa Siban dengan tarif yang relatif murah. Biaya yang dibandrol dengan harga Rp 50.000 hingga 10.000 per orang. Kemudian, harga bervariasi untuk menginap semalam di area berkemah.

  • Tiket Normal : 5.000 Rupiah/pengunjung
  • Tiket Kendaraan : 5.000 Rupiah (roda dua) & 10.000 Rupiah (roda empat)
  • Tiket Berkemah : 10.000 Rupiah/pengunjung

Setelah membayar tiket, wisatawan bebas menghabiskan hari liburan di tempat ini. Harga yang tertera berlaku sepanjang musim, baik high maupun low. Perubahan harga mungkin atas kebijaksanaan Manajer.

Jam Buka

Objek Wisata Anugerah Indah Sippan ini bisa Anda kunjungi setiap hari. Wisatawan umum dapat memasuki kawasan wisata pada pukul 08:00 dan tutup pada pukul 18:00. Untuk anak muda yang berencana camping, pastikan berkoordinasi dengan pengelola.

Waktu terbaik untuk pergi berlibur ke tempat ini tentu saja pada bulan-bulan sepi saat wisatawan berkunjung. Agar tidak kecewa, hindari juga datang saat musim kemarau karena kabut sering menghalangi pemandangan.

Itulah dia ulasan tentang Objek Wisata Anugerah Indah Sippan dan Harga Tiket Masuknya, guys. Selamat berlibur yah.